Spesifikasi Xiaomi Mi 11, Ponsel Pertama dengan Snapdragon 888!

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 – Xiaomi Mi 11 merupakan ponsel terbaru dari Xiaomi yang dirilis resmi pada tanggan 28 Desember 2020 di Beijing. Spesifikasi Xiaomi Mi 11 ini memang sangat tinggi karena akan menjadi salah satu smartphone pertama yang akan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 888. Xiaomi Mi 11 ini memang menjadi perbincangan publik karena spesifikasi yang tinggi serta memiliki harga yang lebih terjangkau.

Harga Xiaomi MI 11

Rumornya, Xiaomi juga akan mengikuti jejak dari Apple pada seri iPhone 12 nya dan tidak akan menyertakan kepala charger dalam kotak penjualannya. Hal ini memang membuat Mi fans kecewa akan keputusan yang diambil, dengan begitu, sobat yang akan membeli Xiaomi Mi 11 ini mungkin butuh membeli kepala charger lagi.

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, Xiaomi Mi 11 ini akan menggunakan Snapdragon 888 dan juga memiliki kapasitas baterai 4600mAh. Untuk menunjang performa dari sektor grafis, Qualcomm juga menyeertakan Adreno 660 untuk mengimbangi performa dari chipset berfabrikasi 5nm itu. Dengan spesifikasi Xiaomi Mi 11 tersebut, harga Xiaomi Mi 11 untuk varian 8/128GB adalah 3.999 Yuan atau 8.6 jutaan rupiah, sedangkan untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar 8/256GB dibanderol dengan harga 4.299 Yuan atau 9.3 jutaan rupiah saja. Dengan melihat harga kasar yang tertera, sudah pasti ponsel ini menjadi recommended banget ya sobat dan memang sangat layak untuk ditunggu.

Untuk sobat yang penasaran dengan spesifikasi Xiaomi Mi 11 ini, yuk kita bahas saja langsung.

 

Desain Xiaomi Mi 11

harga dan spesifikasi Xiaomi Mi 11
Desain Xiaomi Mi 11

Desain dari Xiaomi Mi 11 ini memang cukup mirip dengan pendahulunya yaitu Xiaomi Mi 10, dengan layar punch-hole pada sisi kiri atas serta terdapat fingerprint scanner di bawah layarnya. Layar yang dimiliki dari Xiaomi Mi 11 ini tidak hanya mengadopsi lengkungan atau curve pada bagian sisi kanan dan kirinya saja, namun juga pada bagian atas dan bawah layar juga melengkung. Mungkin desain layar ini mirip dengan yang dimiliki oleh Huawei P40 Pro yang juga memiliki layar dengan lengkungan di setiap sisinya. Meski begitu, desain dari layar atau bagian depan Xiaomi Mi 11 ini memang terlihat cantik dan juga elegan lho sobat.

Pada desain terbaru Xiaomi Mi 11 ini, diklaim memiliki bodi 0.9mm lebih tipis jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 10 sebelumnya. Pada Xiaomi Mi 11 ini juga sudah mengurangi ketebalan dari bezel yang terdapat pada setiap sisi layarnya, sehingga layar dari Xiaomi Mi 11 ini akan terlihat lebih luas dan lebar. Dimensi bodi pada Xiaomi Mi 11 ini memiliki panjang 164.3 mm, lebar 74.6 mm serta ketabalan 8.1 mm yang juga memiliki bobot yang cukup ringan yaitu 196 gram saja untuk varian kaca, serta 194 gram untuk varian yang kulitnya.

harga Xiaomi Mi 11
Desain Xiaomi Mi 11

Lanjut ke bagian belakang ponsel, Xiaomi Mi 11 memiliki camera bump yang berbentuk kotak dengan konfigurasi 3 kamera serta dilengkapi juga dengan dual-tone LED flash. Warna yang tersedia dari Xiaomi Mi 11 ini cukup beragam, mulai dari black, white, blue, purple dan khaki. Kabarnya untuk varian warna purple dan juga khaki akan menggunakan material kulit, namun masih belum diketahui apakah menggunakan kulit asli atau hanya kulit sintetis saja. Meski begitu, varian warna purple dan juga khaki cukup menarik untuk dinantikan.

 

Layar Xiaomi Mi 11

Pada bagian layar Xiaomi Mi 11 ini cukup menarik lho sobat, karena memiliki spesifikasi yang luar biasa bagus untuk rentang harga 8 jutaan rupiah saja. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas sebelumnya, Xiaomi Mi 11 ini menggunakan layar curve pada semua sisinya dan memiliki luas layar 6.81 inci dengan rasio screen-to-body hingga 91.4%. Panel layar yang digunakan juga sudah AMOLED yang memiliki resolusi 2K atau QHD dengan resolusi 3200 x 1440 piksel yang dapat menghasilkan gambar lebih tajam dan jernih. Untuk bagian proteksi layar, Xiaomi Mi 11 ini sudah menggunakan Gorilla Glass Victus yang terkenal akan ketahanannya dari benturan dan jauh lebih kuat lagi.

Xiaomi Mi 11 Snapdragon 888
Layar Xiaomi Mi 11 (credit xiaomitoday)

Tidak hanya itu saja, pada bagian layar ini memang disematkan banyak sekali teknologi terkini serta fitur menarik lainnya lho. Layarnya sudah menggunakan panel 10-bit yang memiliki tingkat kecerahan layar hingga 1200 nits, sehingga penggunaan di berbagai kondisi tidak menjadi masalah. Kemudian layar Xiaomi Mi 11 ini sudah dapat menghasilkan 1 miliar warna, yang berarti akurasi warna yang ditampilkan juga cukup akurat.

Untuk sobat yang suka bermain game, Xiaomi Mi 11 ini juga sudah mendukung refresh rate tinggi hingga 120Hz dengan touch input rate 480Hz, sehingga pengalaman menggunakan ponsel ini akan sangat menyenangkan dan pergerakan setiap transisi akan sangat mulus. Tentunya dengan hal ini akan sangat memanjakan mata sobat pastinya, untuk scrolling pada browser, hingga bermain game akan lebih lancar lagi. Tidak lupa juga bahwa layar Xiaomi Mi 11 ini sudah support HDR10+ yang dapat sobat gunakan untuk menonton video HDR yang pastinya akan menampilkan gambar lebih jernih dan detail.

 

Performa Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 adalah ponsel pertama yang diluncurkan dengan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 888 dengan fabrikasi 5nm yang juga menggunakan inti baru yaitu Cortex-X1. Tentunya dengan hal ini membuat Xiaomi lebih dulu menggunakan chipset terbaru ini dibandingkan dengan Samsung.

Xiaomi Mi 11 Snapdragon 888
Xiaomi Mi 11 Snapdragon 888

Snapdragon 888 ini memiliki clock speed yang cukup tinggi hingga 2.84GHz yang berarti 26% lebih powerful jika dibandingkan dengan Snapdragon 865 pada clock speed yang sama. Memiliki performa yang lebih besar bukan berarti menjadi boros daya, bahkan Snapdragon 888 ini 20% lebih efisien penggunaan dayanya. Untuk melengkapi performa yang dimiliki, Xiaomi Mi 11 ini juga menggunakan GPU Adreno 660 yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses grafis hingga 35% lebih cepat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Disandingkan dengan penggunaan RAM jenis LPDDR5 pada kecepatan 3200MHz, serta jenis penyimpanan UFS 3.1 dan memiliki sistem pendingin VC LiquidCool Technology, membuat Snapdragon 888 mampu mengeluarkan potensi untuk performa terbaiknya. Untuk urusan AI, dengan chipset yang baru berarti Xiaomi Mi 11 ini memiliki AI engine generasi ke-6 dari Qualcomm dengan menggunakan prosesor Hexagon 780 yang memiliki performa 26 TOPS. Ini berarti peningkatan performa hingga 73% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, terlebih lagi untuk urusan videografi serta fotografi. Dengan begitu, performa yang dimiliki dari Xiaomi Mi 11 ini memang tidak dapat diragukan lagi.

 

Kamera Xiaomi MI 11

Lanjut ke sektor kamera, Xiaomi Mi 11 ini menggunakan konfigurasi 3 kamera, memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 10, namun untuk urusan kualitas foto dan video, Xiaomi Mi 11 ini menawarkan hal yang lebih baik. Pada kamera utamanya memiliki resolusi 108MP, 13MP pada lensa ultra-wide serta 5MP untuk telephoto macro nya yang dapat digunakan untuk mengambil foto jarak dekat.

harga Xiaomi Mi 11
Kamera Xiaomi Mi 11

Pada kamera utamanya, dengan resolusi 108MP memiliki aperture f/1.85 dengan besaran sensor 1/1.33 inci dan sudah dilengkapi dengan OIS. Dengan resolusi yang besar ini, memungkinkan Xiaomi Mi 11 menghasilkan gambar yang lebih tajam. Untuk merekam video, Xiaomi Mi 11 ini sudah dapat merekam hingga resolusi 8K pada 24 atau 30fps dan cocok untuk sobat yang ingin merekam berbagai momen pada resolusi tinggi.

Fitur yang dimiliki juga cukup menarik, kali ini Xiaomi Mi 11 sudah dapat menggunakan night mode untuk digunakan pada saat merekam video, sehingga video yang dihasilkan lebih terang. Pada kamera depan memiliki resolusi 20MP yang dapat menghasilkan foto lebih tajam, sayangnya perekaman video dengan kamera depannya hanya dengan resolusi maksimal 1080p pada 30 fps saja.

 

Baterai Xiaomi Mi 11

Kapasitas baterai yang dimiliki Xiaomi Mi 11 sudah cukup besar dengan 4.600mAh, meskipun masih 4000-an mAh, namun ponsel ini tetap saja dapat digunakan seharian untuk memenuhi kebutuhan sobat. Jika baterai ponsel ini habis, sobat tidak perlu khawatir, karena Xiaomi Mi 11 ini dapat melakukan pengisian daya hingga 55W yang dapat mengisi penuh hanya dalam 45 menit saja. Sayangnya, Xiaomi mengikuti jejak Apple yang tidak akan menyertakan charger pada kotak penjualannya. Jadi sobat perlu membelinya secara terpisah, namun untuk hal ini, rumor tidak adanya charger pada paket penjualan hanya untuk versi standarnya saja.

spesifikasi Xiaomi Mi 11
Baterai Xiaomi Mi 11 (credit anandtech)

Untuk pengisian daya secara nirkabel juga sudah dapat dilakukan bahkan memiliki kecepatan hingga 50W. Xiaomi Mi 11 ini memang menjadi salah satu ponsel yang dapat mengisi daya secara wireless dengan sangat cepat, pastinya sobat perlu membeli wireless charger yang sesuai untuk ini. Meskipun hanya memiliki 4.600mAh saja pada kapasitas baterainya, namun Xiaomi Mi 11 ini dapat sobat gunakan sebagai power bank lho, kecepatan pengisiannya memang standar hanya 10W saja, namun ini sudah sangat cukup jika sobat memiliki smartphone atau device lain untuk diisi dayanya.

 

Software Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 akan menggunakan MIUI 12.5 yang sudah memiliki beberapa perkembangan terhadap privasi dan juga sistem keamanan. Tidak hanya itu saja, pada MIUI 12.5 ini juga memiliki fitur Super Wallpaper, perubahan animasi, haptics yang lebih baik, sistem yang semakin optimal serta beberapa fitur baru lainnya. Pada software terbarunya ini, MIUI 12.5 memang fokus pada efisiensi daya, MIUI 12.5 ini bahkan diklaim lebih optimal pada penggunaan RAM hingga 20% dan lebih baik 17% pada penggunaan daya. Dengan begitu, MIUI 12.5 sudah lebih baik jika dibandingkan dengan sebelumnya, yang memfokuskan pada performa dan juga keiritan baterai yang digunakan.

Xiaomi Mi 11 MIUI 12.5 Android 11
Xiaomi Mi 11 MIUI 12.5 Android 11

Pada MIUI 12.5 ini juga hadir beberapa suara notifikasi baru yang terinspirasi dengan alam, seperti suara binatang dan lain sebagainya. Sektor suara juga menjadi sorotan karena sudah di-tune oleh Harman Kardon pada speaker stereo nya, sehingga suara yang dihasilkan akan lebih detail dan juga jernih khas speaker Harman Kardon.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah hadirnya heart rate sensor yang diimplementasikan pada fingerprint scanner di dalam layar, fungsi ini memang bukan fitur baru, namun untuk melakukan pengecekan denyut jantung dapat dilakukan dengan lebih mudah pada Xiaomi Mi 11 ini. Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan NFC, IR blaster, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2 dan kemampuan untuk terhubung pada 2 perangkat Bluetooth headphone, Bluetooth Speaker atau TWS pada saat yang bersamaan.

 

Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Dimensi
Panjang 164.3 mm
Lebar 74.6 mm
Tinggi 8.1 mm (Glass) / 8.6 (Leather)
Berat 196 g (Glass) / 194 g (Leather)
Varian warna Black, White, Blue, Purple, Khaki
Layar
Ukuran 6.81 Inci
Resolusi 1440 x 3200 piksel
Panel AMOLED
Rasio 20:9
Kerapatan ~515 ppi
Platform
Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
Prosesor Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680)
GPU Adreno 660
Sistem Operasi Android 11
UI MIUI 12.5
RAM 8GB, 12GB
Internal 128GB, 256GB
Eksternal
Kamera Utama
Resolusi 108 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.33″, 0.8µm, PDAF, OIS
13 MP, f/2.4, 123˚ (ultrawide), 1/3.06″, 1.12µm
5 MP, f/2.4, (macro), 1/5.0″, 1.12µm
Fitur Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video [email protected]/30fps, [email protected]/60fps, [email protected]/60/120/240/480fps; gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi 20 MP, 27mm (wide), 1/3.4″, 0.8µm
Video [email protected], [email protected]
Konektivitas
Kartu SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Internet GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
GPS dual-band A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS, NavIC
Baterai
Kapasitas Li-Po 4600 mAh, non-removable
Fitur Fast charging 55W, 100% in 45 min (advertised)
Fast wireless charging 50W
Reverse wireless charging 10W
Power Delivery 3.0
Quick Charge 4+

source: gsmarena

 

Penutup

Xiaomi Mi 11 merupakan smartphone pertama yang menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 888 yang memang memiliki performa yang luar biasa kencang saat ini. Fitur yang diberikan Xiaomi untuk ponsel ini juga tidak tanggung-tanggung, mulai dari kamera beresolusi 108MP, RAM hingga 12GB, sistem penyimpanan UFS 3.1, NFC, refresh rate 120Hz, fast charging 50W dan bisa reverse wireless charging 10W, perekaman hingga resolusi 8K dan masih banyak lagi. Semua keunggulan tersebut dapat dimiliki dengan harga yang cukup terjangkau dan pastinya sangat layak untuk dimiliki dan ditunggu perilisan resminya di Indonesia ini.

Demikian artikel mengenai Spesifikasi Xiaomi Mi 11, ponsel pertama dengan Snapdragon 888. Semoga dapat memberikan informasi baru untuk sobat yang sudah menunggu kehadiran dari ponsel ini. Nantikan terus artikel terbaru dari kami yang akan memberikan informasi terkait teknologi serta rekomendasi produk teknologi lainnya, hanya di Sobat Tekno.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *