Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Terbaru

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Terbaru – Samsung akhirnya mengeluarkan seri terbaru dari Samsung Galaxy S mereka pada tanggal 14 Januari 2021 kemarin. Tentunya, peluncuran produk terbaru ini lebih cepat 1 bulan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Harga yang ditawarkan dari lini Samsung Galaxy S21 ini juga terbilang lebih murah dengan berbagai upgrade pada ponsel terbarunya ini. Seperti hadirnya dynamic 120Hz display pada seri Ultra nya, peningkatan yang signifikan pada sisi kamera serta performa yang meningkat dengan seri Exynos 2100 terbaru.

harga dan spesifikasi Samsung Galaxy S21

Desain pada lini Samsung Galaxy S21 terbaru ini memiliki desain yang lebih menarik dan berbeda jika dibandingkan sebelumnya, begitu juga dengan One UI 3.0 yang lebih intuitive. Sayangnya, pada varian Samsung Galaxy S21 biasa, resolusi yang dimiliki hanya sampai full HD+ saja, slot microSD yang dihilangkan hingga material bagian belakang ponsel ini menggunakan plastik. Tentunya ini membuat kesan premium pada seri regulernya menjadi berkurang. Belum lagi Samsung mengikuti jejak Apple dengan menghilangkan kepala charger dari kotak penjualannya.

Bagi sobat yang memiliki keinginan untuk memiliki Samsung Galaxy S21 ini, yuk kita simak terlebih dahulu bagaimana spesifikasi dan juga performa dari Samsung Galaxy S21 ini. Apakah worth untuk dibeli atau lebih baik membeli varian lainnya?

Samsung Galaxy S21: Desain dan Layar

Seperti pada artikel sebelumnya dari kami, Samsung Galaxy S21 ini memiliki luas layar 6.2 inci dengan panel Dynamic AMOLED 2X. Pada bagian belakang, ponsel ini memiliki desain matte dengan pilihan 4 warna, yaitu Phantom Gray, Phantom White, Phantom Violet serta Phantom Pink yang dapat sobat pilih sesuai dengan preferensi masing-masing.

spesifikasi samsung Galaxy S21
Desain dan layar Samsung Galaxy S21 (credit cnet)

Masih pada bagian belakang, Samsung Galaxy S21 ini masih memiliki kamera bump yang menyatu pada bagian sisi ponsel. Material yang digunakan juga bukan lagi kaca, namun menggunakan poycarbonate, meski begitu, kesan feel genggamannya setidaknya masih lebih baik jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 20. Bobot yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S21 ini adalah 169 gram dengan ukuran 151.7 mm pada panjangnya, 71.2 mm pada lebarnya serta 7.9 mm pada tebalnya.

Pada bagian layar, Samsung Galaxy S21 ini memang menggunakan layar yang datar dan bukan layar lengkung yang terdapat pada generasi sebelumnya. Penurunan kualitas resolusi juga terdapat pada Samsung Galaxy S21 ini, dengan resolusi yang hanya full HD+ saja tentunya menjadi sebuah kemunduran dari sisi spesifikasi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang memiliki resolusi Quad HD. Namun sobat tidak perlu khawatir, sebenarnya dengan resolusi full HD+ saja dirasa sudah sangat cukup dan sangat sesuai dengan luas layar dari sebuah smartphone. Ditambah lagi dengan refresh rate yang tinggi yaitu 120Hz yang membuat pengalaman menggunakan ponsel ini akan menjadi lebih menyenangkan. Serta dukungan HDR10+ yang akan memanjakan mata sobat ketika menonton video dengan HDR.

harga samsung Galaxy S21
Layar Samsung Galaxy S21 (credit techradar)

Masih pada bagian layar, kali ini area sensor fingerprint pada lini Samsung Galaxy S21 ini sudah lebih luas sehingga sobat dapat lebih mudah untuk meng-unlock layar. Untuk proteksi tambahan, layar dari ponsel ini sudah menggunakan Gorilla Glass Victus yang lebih tahan akan benturan dan tidak akan mudah retak. Perbedaan paling mencolok jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S21 Plus dan Ultra adalah bagian belakang yang sudah menggunakan material kaca dan pada Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki resolusi Quad HD, layar lengkung dan juga dukungan S-Pen.

 

Samsung Galaxy S21: Kamera dan Baterai

Pada Samsung Galaxy S21 masih menggunakan konfigurasi 3 kamera yang masing-masing memiliki resolusi 12MP pada kamera utama, 12MP pada kamera wide dan 64MP untuk telephoto-nya yang dapat melakukan zoom hingga 3x hybrid optical zoom. Tentunya ketiga kamera ini bisa sobat andalkan untuk mengambil gambar dengan kualitas yang sangat bagus. Begitu juga dengan kamera depan dari Samsung Galaxy S21 yang memiliki resolusi 10MP ini.

spesifikasi dan harga samsung Galaxy S21
Kamera Samsung Galaxy S21

Pada sektor kamera ini, Samsung sudah melakukan pengembangan terhadap fitur Single Take Camera Mode nya, dengan fitur ini, sobat dapat mengambil gambar dan juga video pada saat yang bersamaan. Tidak hanya itu saja, fitur terbaru yang dihadirkan pada Samsung Galaxy S21 ini adalah mode Director’s View yang memungkinkan sobat menggunakan kamera depan dan juga belakang secara bersamaan, fitur ini sangat cocok untuk sobat yang ingin membuat vlog.

kamera depan samsung galaxy s21
Kamera depan Samsung Galaxy S21

Sektor videografi, semua kamera yang ada pada Samsung Galaxy S21 ini sudah mampu untuk merekam hingga resolusi 4K pada 60 fps. Tetapi pada kamera utamanya, Samsung Galaxy S21 ini mampu untuk merekam hingga resolusi 8K pada 24 fps. Untuk membuat mini film tentunya Samsung Galaxy S21 ini sudah sangat mumpuni banget ya sobat.

Baterai Samsung Galaxy S21
Baterai Samsung Galaxy S21

Lanjut ke bagian baterai, sebenarnya kapasitas baterai pada Samsung Galaxy S21 ini masih sama dengan generasi pada tahun lalu yaitu 4000mAh. Tentunya dengan kapasitas 4000mAh tersebut, Samsung Galaxy S21 ini masih dapat sobat gunakan seharian dengan berbagai kegiatan yang sobat miliki. Samsung Galaxy S21 ini sudah mendukung pengisian daya cepat hingga 25W dengan menggunakan kabel USB type-C. Sayangnya, pada Samsung Galaxy S21 ini hanya dapat melakukan pengisian daya hingga 25W saja, padahal pada seri Samsung Galaxy S20 dapat mengisi daya cepat hingga 45W. Meski menggunakan material plastik pada bagian belakangnya, Samsung Galaxy S21 ini sudah dapat mengisi daya secara nirkabel dan juga dapat melakukan wireless power share ke perangkat lainnya.

 

Samsung Galaxy S21: Performa

Samsung Galaxy S21 yang dipasarkan di Indonesia akan menggunakan chipset Exynos 2100 yang kali ini memiliki performa yang sudah mendekati dari chipset Snapdragon 888. Tentunya perbaikan dari sisi performa dan efisiensi ini sangat bagus, mengingat Samsung membedakan chipset yang digunakan pada region tertentu yang membuat banyak orang mengkritik hal ini karena performa Exynos di bawah Snapdragon dengan harga yang sama. Prosesor Exynos 2100 memiliki konfigurasi octa-core yang masing-masing 1×2.9 GHz Cortex-X1 & 3×2.80 GHz Cortex-A78 & 4×2.2 GHz Cortex-A55.

Exynos 2100
Exynos 2100

Untuk mendukung performa pada Samsung Galaxy S21 ini dilengkapi dengan kapasitas RAM 8GB yang dapat digunakan untuk multi tasking dan menggunakan Mali-G78 MP14 untuk pemrosesan grafis. Dengan begitu performa Samsung Galaxy S21 ini tidak bisa dianggap remeh, karena Samsung sudah melakukan perbaikan pada SoC buatan mereka sendiri yang berdampak pada peningkatan dari sisi performa. Untuk melakukan tugas ringan hingga berat sekalipun seperti rendering video dan juga bermain game, tentunya dapat dengan mudah dilakukan pada Samsung Galaxy S21 ini.

Untuk kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S21 ini terdapat dua pilihan, yaitu 128GB dan juga 256GB. Namun pada Samsung Galaxy S21 ini sudah tidak memiliki slot microSD, yang berarti sobat tidak bisa menambahkan kapasitas penyimpanan pada ponsel ini. Kami menyarankan sobat untuk mengambil yang berkapasitas 256GB, karena dengan kemampuan perekaman hingga 8K, maka membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar juga.

 

Samsung Galaxy S21: Kesimpulan

Samsung Galaxy S21 memang menjadi versi paling murah diantara lini Samsung Galaxy S21 lainnya. Dari sisi desain memang sama dengan yang lainnya, dengan luas layar 6.2 inci dan panel AMOLED yang tetap menjaga kualitas tampilan yang bagus. Pada bagian belakang memiliki matte finishing yang menarik dan cantik dengan pilihan 4 warna namun sayangnya menggunakan material plastik, namun tetap menarik untuk dimiliki. Performa dari Samsung Galaxy S21 ini juga mengalami peningkatan dengan menggunakan SoC Exynos 2100 besutan Samsung yang memiliki performa hampir sama dengan SoC Snapdragon 888.

Pada bagian kamera memang tidak memiliki hardware yang mengalami peningkatan signifikan, namun hasil dari kamera juga sudah sangat bagus dengan berbagai fitur baru yang menunjang sobat dalam berkreasi. Sisi layar memang hanya memiliki resolusi full HD+ saja, namun sudah mendukung refresh rate tinggi 120Hz yang memberikan pengalaman menggunakan ponsel ini menjadi lebih menyenangkan. Namun Samsung juga mengikuti jejak Apple dengan menghilangkan kepala charger dari kotak penjualannya mereka kali ini dan absennya dari slot ekspansi microSD sehingga sobat tidak bisa menambahkan kapasitas penyimpanan pada ponsel ini.

 

Penutup

Samsung Galaxy S21 memang patut dipertimbangkan karena tetap menawarkan ponsel yang canggih dan juga cantik serta memiliki performa yang tinggi dengan berbagai fitur tambahan yang ditawarkan. Bagi sobat penggemar Samsung dan berencana untuk upgrade ke ponsel terbarunya, Samsung Galaxy S21 ini layak untuk dipertimbangkan lho. Meski menggunakan SoC Exynos, namun performa yang ditawarkan sedikit di bawah Snapdragon 888, setidaknya jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Di Indonesia sendiri, harga Samsung Galaxy S21 ini akan dimulai dari 12.999.000 rupiah untuk varian 128GB dan 13.999.000 rupiah untuk varian 256GB nya.

Demikian artikel mengenai Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Terbaru. Semoga dapat memberikan informasi baru terkait dengan Samsung Galaxy S21 dan dapat membantu sobat dalam memberikan informasi terkait ponsel ini. Nantikan terus artikel terbaru kami yang akan membahas mengenai teknologi dan juga berbagai rekomendasi barang lainnya, hanya di Sobat Tekno.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *