Perbandingan iphone 12, mini, pro dan pro max, mana yang terbaik?

Perbandingan iphone 12, mini, pro dan pro max, mana yang terbaik? – Untuk sobat penggemar iPhone pastinya sudah sangat menunggu kehadiran seri iPhone 12 secara resmi di Indonesia. Kali ini Apple memang memberikan kejutan yang membuat banyak orang bingung. Karena Apple secara mengejutkan mengeluarkan 4 buah tipe untuk seri line up iPhone 12 nya. Mulai dari iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Banyak yang membandingkan seluruh line up iPhone 12 ini dan mencari tipe manakah yang lebih worth untuk dimiliki.

lineup iPhone 12 series
Lineup iPhone 12 (credit: appleinsider)

Apple dengan 4 produknya tentunya ingin memiliki pasar yang lebih luas lagi. Karena banyak orang yang memang masih menyukai bentuk yang compact hingga bentuk yang besar, sehingga line up dari seri iPhone 12 bertambah 1 produk. Hal itu memang dapat dilihat dari hype yang didapat ketika iPhone SE 2 diluncurkan oleh Apple. Banyak orang yang menyukai produk tersebut, meskipun secara desain memang sama dengan iPhone 8.

Kali ini Sobat Tekno akan coba untuk membahas, apa sih perbedaan yang ada pada lini seri iPhone 12 dan manakah yang lebih cocok untuk dimiliki. Karena dengan produk yang cukup beragam ini, tentunya membuat sobat yang ingin upgrade dari iPhone lamanya ke iPhone yang baru menjadi bingung untuk memilih yang mana. Yuk kita bahas perbedaan antara iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

iPhone 12 Mini, untuk penggemar ponsel kecil

spesifikasi iPhone 12 Mini
iPhone 12 Mini

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Apple mengeluarkan 4 model iPhone 12 sekaligus dengan 3 luas layar yang berbeda. Pada iPhone 12 dan iPhone 12 Pro memiliki layar yang sama, yaitu 6.1 inci, sedangkan untuk iPhone 12 Pro Max memiliki layar yang paling besar dengan luas layar 6.7 inci dan menjadi iPhone terbesar saat ini. Kemudian untuk iPhone 12 Mini memiliki luas layar yang paling kecil, yaitu 5.4 inci, dengan bentuk yang lebih kecil dari iPhone SE 2 yang hanya memiliki luas layar 4.7 inci saja. Kita mulai bahas untuk iPhone 12 Mini terlebih dahulu.

Desain iPhone 12 Mini

Desain iPhone 12 Mini
Desain iPhone 12 Mini

Sebenarnya untuk desain dari iPhone 12 Mini ini sama saja dengan iPhone 12 yang lainnya, menggunakan desain flat-edge yang mengingatkan kita dengan desain iPhone 5s. Pada sisi kanan bawah terdapat area yang digunakan untuk antena modem 5G. Ya, akhirnya Apple menyematkan dukungan 5G pada lini iPhone nya. Pada bagian atas area antena ini terdapat tombol power yang digunakan untuk lock dan unlock ponselnya. Pada bagian sisi sebelah kiri masih memiliki layout yang sama dengan iPhone lainnya yaitu terdapat 2 buah tombol untuk mengatur volume suara dan juga terdapat mute switch.

Pada bagian bawah, terdapat speaker dan juga port lightning, dan Apple masih belum mau menggunakan USB type-C pada iPhone, padahal port ini sudah digunakan pada lini iPad nya. Pada bagian layar, iPhone 12 Mini memiliki luas layar 5.4 inci yang cukup ideal untuk digunakan 1 tangan saja. Dengan luas layar yang hanya 5.4 inci, membuat bentuk dari iPhone 12 Mini sangat kecil dan ringkas sehingga nyaman untuk dikantungi di dalam saku celana. Layar iPhone 12 Mini ini juga sudah menggunakan Super Retina XDR lho sobat dan juga sudah menggunakan panel OLED, jadi tidak ada perbedaan dengan seri Pro nya. Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri, karena gambar yang dihasilkan akan menjadi sangat tajam, berkat resolusi 1080 x 2340 piksel.

Lanjut ke bagian belakang ponsel, terdapat 2 buah kamera dengan setup yang sama seperti pada iPhone 11. Masing-masing resolusi yang dimiliki adalah 12MP untuk kamera ultra-wide dan 12MP untuk kamera wide nya. Kedua kamera tersebut juga sudah memiliki teknologi Deep Fusion yang dapat mengambil gambar dengan detail yang lebih baik lagi. Pada iPhone 12 Mini juga sudah dapat merekam 4K dengan dukungan HDR Dolby Vision dan sudah memiliki night mode untuk pengambilan gambar pada kondisi kurang cahaya.

Keunggulan utama pada iPhone 12 Mini ini adalah pada ukurannya. Dengan dimensi 131.5 x 64.2 x 7.4 mm dan bobot 135 gram, yang jika dibandingkan dengan iPhone SE 2 ternyata lebih ringkas dan lebih ringan, membuat penggunaan menjadi lebih nyaman, terutama untuk perempuan yang biasanya memiliki tangan yang lebih kecil. Bezel yang dimiliki juga menjadi lebih ramping, jika dibandingkan dengan iPhone 11 dan juga iPhone XR, hal ini dikarenakan pada semua lini iPhone 12 sudah menggunaan panel OLED.

 

Performa dan ketahanan baterai iPhone 12 Mini

Performa iPhone 12 Mini
Performa iPhone 12 Mini (credit Android Authority)

Berbicara mengenai ketahanan baterai, mungkin banyak orang yang komplain atas besaran kapasitas baterai yang dimiliki iPhone 12 Mini ini yang terbilang sangat kecil, yaitu hanya 2227mAh. Hal ini cukup masuk akal memang, dikarenakan bentuk yang kecil dan hanya mampu untuk dimasukkan kapasitas tersebut di dalam ponsel ini. Namun meskipun hanya memiliki kapasitas baterai yang kecil, penggunaannya dapat memenuhi 1 hari lho sobat, tapi untuk penggunaan biasa ya, jika digunakan untuk bermain game tentu akan menjadi lebih cepat habis.

Kemampuan pengisian daya cepat juga dimiliki oleh iPhone 12 Mini ini lho, jadi sobat tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai, karena iPhone 12 Mini ini dapat mengisi daya cepat dengan kecepatan 20W (tentunya dengan kepala charger yang mendukung). Mungkin pilihan untuk selalu membawa power bank menjadi pilihan yang tepat juga. Dukungan MagSafe charger juga sudah bisa kok, dengan hanya menghubungkan MagSafe pada bagian belakang iPhone 12 Mini ini. Pengisian daya via MagSafe memang dibatasi hanya 12W saja, meskipun saudaranya yang lain dapat mengisi daya hingga 15W.

Nah, sekarang masuk ke pembahasan mengenai performa dari iPhone 12 Mini. Mungkin sobat semua sudah tahu lah ya, kalau iPhone itu memang terkenal ngebut banget. Apalagi iPhone 12 Mini ini memang sudah ditenagai dengan chipset paling kencang dari Apple saat ini, yaitu  A14 Bionic. Jadi untuk digunakan multi tasking dan sosial media sih udah lebih dari cukup. Apalagi jika digunakan untuk bermain game, pastinya semua game dapat dimainkan rata kanan tanpa ada lag.

Kamera iPhone 12 Mini yang mengagumkan

Kamera iPhone 12 Mini
Kamera iPhone 12 Mini (credit gadgetpage)

Untuk masalah kamera, iPhone 12 Mini ini memang memiliki layout dan setup yang sama dengan iPhone 12 biasa. Hanya terdapat 2 kamera saja, tanpa adanya LiDAR sensor dan juga lensa telephoto. Meski begitu, gambar yang dihasilkan juga sangat mengagumkan lho sobat, bahkan beberapa reviewer lain juga berkata demikian. Kamera dari iPhone 12 Mini ini tidak bisa dianggap remeh.

Fitur yang terdapat pada iPhone 12 Mini ini juga cukup lengkap, mulai dari adanya fitur Night ModeDeep Fusion, OIS dan juga smart HDR 3 yang membuat pengambilan gambar menjadi sangat bagus. Oh iya, untuk bagian perekaman video juga sudah dapat digunakan hingga resolusi 4K 60 fps.  Bahkan sudah ada dukungan Dolby Vision hingga 30 fps. Buat sobat yang suka merekam video Slo-Mo, iPhone 12 Mini sudah dapat merekam hingga 240 fps Full HD slow motion. Pada kamera depan juga memiliki resolusi yang sama, yaitu 12MP dan juga sudah dapat merekam hingga resolusi 4K.

Spesifikasi iPhone 12 Mini

Dimensi 131.5 x 64.2 x 7.4 mm
Berat 135 g
Layar 5.4 inches, 1080 x 2340 pixel, Super Retina XDR OLED, HDR10
Chipset Apple A14 Bionic (5 nm)
Processor Hexa-core (2×3.1 GHz Firestorm + 4×1.8 GHz Icestorm)
Ram 4GB
Memori 64GB, 128GB, 256GB NVME
Kamera Belakang 12MP + 12MP
Kamera Depan 12 Megapixel
Baterai Non-removable Li-Ion 2227 mAh

 

iPhone 12 atau iPhone 12 Pro?

iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
iPhone 12 dan iPhone 12 Pro

Untuk bagian iPhone 12 dan iPhone 12 Pro ini akan kami bahas bersamaan mengingat banyak sekali kesamaan diantara keduanya. Kita mulai dari bagian layar terlebih dahulu, jika dilihat dari depan memang akan sangat sulit untuk membedakan, karena kedua iPhone ini memiliki luas layar yang sama, yaitu 6.1 inci dengan panel OLED. Kedua layar iPhone 12 dan iPhone 12 Pro ini sama-sama mendukung Super Retina XDR dan memiliki resolusi 2532 x 1170 piksel dengan kerapatan piksel 460 piksel per inci nya.

Perbedaan yang terdapat pada layar antara iPhone 12 dan iPhone 12 Pro terletak dari kemampuan layar iPhone 12 Pro yang memiliki tingkat kecerahan layar hingga 800 nits, sedangkan pada iPhone 12 biasa hanya 625 nits. Namun untuk tingkat maksimal kecerahan yang dimiliki adalah sama yaitu 1200 nits, hal ini dapat dicapai karena terdapat fitur HDR pada layar keduanya.

Masih pada bagian layar, kedua layar pada iPhone ini juga sudah diproteksi dengan Ceramic Shield Technology yang membuat layar ponsel ini menjadi 4x lebih kuat jika dibandingkan dengan iPhone sebelumnya. Bahkan pada uji coba ketahanan yang dilakukan oleh kanal YouTube Jerry Rig Everything, ketika layar iPhone 12 Pro ini dibakar tidak meninggalkan bekas apapun pada layarnya. Padahal kebanyakan layar ponsel akan meninggalkan bekas ketika dibakar pada layarnya.

Fitur pada ayar lainnya yang dimiliki pada iPhone 12 dan iPhone 12 Pro adalah kontras yang cukup tinggi yaitu 2.000.000:1, hadirnya True Tone display, wide colour display (P3) dan juga haptic touch. Dengan begitu layar dari ponsel ini memang sudah cukup tangguh dan mungkin menjadi layar iPhone terbaik saat ini.

Desain iPhone 12 dan iPhone 12 Pro

Desain iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
Desain iPhone 12 dan iPhone 12 Pro (credit macrumors)

Pada sektor desain yang dimiliki iPhone 12 dan iPhone 12 Pro sudah mengusung desain yang sama, yaitu flat-edge design yang sama digunakan pada iPhone 4 dan juga iPhone 5 sebelumnya. Keduanya juga memiliki desain layar edge-to-edge yang membuat tampilan layar menjadi lebih proporsional lagi. Mungkin perbedaan dari sisi desain yang ada hanyalah dari material yang digunakan. Pada iPhone 12, material yang digunakan adalah aluminium yang Apple sebut dengan “aerospace-grade aluminum), material yang juga digunakan pada iPhone 11 pada tahun lalu.

Sedangkan untuk iPhone 12 Pro, sudah menggunakan bahan stainless steel yang Apple sebut “surgical-grade stainless steel“. Dengan perbedaan pada material yang digunakan menyebabkan tampilan pada kedua ponsel ini cukup berbeda. Pada bagian sampingnya, iPhone 12 akan memiliki tampilan seperti matte-brushed-aluminum, sedangkan pada iPhone 12 Pro akan memiliki tampilan yang mengkilap berkat stainless steel yang digunakan.

Dengan penggunaan material yang berbeda, tentunya ini berpengaruh akan bobot yang dimiliki. Pada iPhone 12, dengan material aluminium, memiliki bobot 164 gram, sedangkan iPhone 12 Pro dengan material stainless steel memiliki bobot 189 gram. Meski perbedaan bobot yang dimiliki juga tidak akan terlalu terasa seiring penggunaan sehari-hari. Tidak hanya pada luas layar yang memiliki ukuran yang sama, dimensi pada kedua iPhone 12 ini juga sama lho sobat. Untuk tinggi yang dimiliki adalah 5.78 inci, lebar 2.82 inci dan ketebalan 0.29 inci.

Untuk diajak basah-basahan, kehujanan atau berenang, kedua iPhone ini memang sudah siap kok sobat. Karena keduanya sudah mendukung sertifikasi IP68 yang dapat digunakan di kedalaman air hingga 6 meter dalam waktu 30 menit. Jadi sobat tidak perlu khawatir jika ponsel sobat terkena cipratan air atau terkena hujan.

Performa dan ketahanan baterai apakah sama?

Performa iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
Performa iPhone 12 dan iPhone 12 Pro (credit Appleinsider)

Dengan menggunakan chipset Apple A14 Bionic, tentunya performa dari kedua iPhone ini akan sama. Apple A14 Bionic ini memiliki 2 buah core yang digunakan untuk high-performance dan 4 buah core yang berfungsi untuk efisiensinya. Kedua iPhone ini juga sudah menggunakan Neural Engine yang sudah lebih baik lagi untuk kapabilitas machine learning yang sudah ditingkatkan.

Perbedaan dalam segi performa terdapat pada RAM yang dimiliki. RAM pada iPhone 12 Pro memiliki kapasitas 6GB, sedangkan pada iPhone 12 biasa hanya memiliki 4GB RAM saja. Dengan 2GB RAM lebih banyak pada iPhone 12 Pro, memberikan kemampuan untuk memiliki fitur kamera yang lebih banyak juga. Dengan begitu performa yang dihasilkan memang sedikit berbeda di antara keduanya, meskipun pada penggunaan sehari-hari tidak terlalu terlihat perbedaannya.

Jika digunakan untuk bermain game sudah pasti lancar karena sudah ditenagai oleh Apple A14 Bionic dengan kecepatan 3.1GHz pada 2 core nya. Untuk sobat yang gamer, ponsel ini sudah sangat cocok untuk digunakan bermain game seharian kok, tanpa takut adanya lag pada saat bermain.

Lanjut ke kapasitas baterai yang dimiliki juga sudah sama lho, dengan memiliki ketahanan baterai yang sama juga. Dengan masing-masing memiliki kapasitas 2815 mAh yang juga didukung dengan pengisian daya cepat 20W yang dapat mengisi 50% dalam 30 menit saja. Tidak hanya itu, dukungan untuk wireless charging juga tersedia untuk iPhone ini dengan maksimal daya 7.5W dan 15W jika menggunakan MagSafe.

Kualitas kamera yang di atas rata-rata

Kamera iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
Kamera iPhone 12 dan iPhone 12 Pro (credit Wall Street Journal)

Perbedaan yang mencolok adalah pada konfigurasi kamera yang dimiliki, teknologi yang disematkan juga berbeda antara keduanya. Pada iPhone 12, memiliki 2 buah kamera beresolusi 12MP untuk lensa wide dan 12MP pada lensa ultra-wide nya. Sobat juga akan menemui fitur seperti night mode dan juga Deep Fusion serta adanya dukungan stabilisasi OIS pada kameranya.

iPhone 12 juga sudah dapat mengambil gambar dengan sangat bagus meskipun hanya menggunakan 2 konfigurasi kamera saja. Absennya lensa telephoto dan LiDAR tidak menjadi masalah, karena spesifikasi dari kamera yang dimiliki juga sudah sangat bagus. Fitur portrait mode juga turut hadir bagi sobat yang memang suka berswafoto dan ingin mendapatkan latar belakang yang blur. Fitur lainnya seperti smart HDR 3 juga sudah ada dengan keunggulannya yaitu dapat mendeteksi scene yang akan diambil gambarnya dan menyesuaikan hasilnya agar menjadi lebih baik lagi.

Di sisi lain, iPhone 12 Pro sudah menggunakan konfigurasi 3 kamera yang terdiri dari lensa ultra-wide, lensa wide dan juga telephoto. Pada iPhone 12 Pro ini juga sudah dapat mengambil gambar portrait dan night mode disaat yang bersamaan, sehingga hasil foto menjadi lebih terang tanpa harus kehilangan detail pada gambarnya dan hal ini dikarenakan pada iPhone 12 Pro sudah memiliki lensa LiDAR.

Fitur lainnya yang tidak dimiliki oleh seri iPhone non-pro adalah dukungan format gambar yang Apple sebut sebagai ProRAW, yang dapat memberikan keleluasaan bagi sobat untuk melakukan editing pada foto yang sudah diambil. Tentunya fitur ini sangat cocok untuk sobat yang menjadi seorang fotografer tanpa perlu sebuah kamera lainnya.

Pada sektor perekaman video, kedua iPhone 12 ini sudah memiliki kapabilitas yang sama, meskipun pada iPhone 12 Pro sudah dapat merekam dengan Dolby Vision HDR pada 60 fps, sedangkan pada iPhone 12 biasa hanya dibatasi hingga 30 fps saja. Pada iPhone 12 Pro juga dapat melakukan zoom pada saat merekam hingga 6x digital zoom dan 2x optical zoom.

Spesifikasi iPhone 12

Dimensi 146.7 x 71.5 x 7.4 mm
Berat 164 g
Layar 6.1 inches, 1170 x 2532 pixel, Super Retina XDR OLED, HDR10
Chipset Apple A14 Bionic (5 nm)
Processor Hexa-core (2×3.1 GHz Firestorm + 4×1.8 GHz Icestorm)
Ram 4GB
Memori 64GB, 128GB, 256GB NVME
Kamera Belakang 12MP + 12MP
Kamera Depan 12 Megapixel
Baterai Non-removable Li-Ion 2815 mAh

 

Spesifikasi iPhone 12 Pro

Dimensi 146.7 x 71.5 x 7.4 mm
Berat 189 g
Layar 6.1 inches, 1170 x 2532 pixel, Super Retina XDR OLED, HDR10
Chipset Apple A14 Bionic (5 nm)
Processor Hexa-core (2×3.1 GHz Firestorm + 4×1.8 GHz Icestorm)
Ram 6GB
Memori 128GB, 256GB, 512GB NVME
Kamera Belakang 12MP + 12MP + 12MP + LiDAR
Kamera Depan 12 Megapixel
Baterai Non-removable Li-Ion 2815 mAh

 

Pilihan tertinggi, iPhone 12 Pro Max

spesifikasi iPhone 12 Pro Max
iPhone 12 Pro Max

Terakhir kita bahas mengenai iPhone 12 Pro Max yang menjadi iPhone paling besar, paling berat dan juga iPhone paling mahal saat ini. Dari desain, iPhone 12 Pro Max ini juga memiliki desain yang sama seperti lini iPhone 12 yang lainnya, dengan sudut yang mengotak, bezel yang tipis serta frosted glass pada bagian belakangnya. Pada bagian layar juga sudah dilapisi dengan ceramic shield yang dapat menjaga layar agar tahan ketika jatuh. Tentunya iPhone 12 Pro Max ini juga sudah mendukung MagSafe seperti lini iPhone 12 yang lainnya.

Layar paling besar, iPhone 12 Pro Max

Layar iPhone 12 Pro Max
Layar iPhone 12 Pro Max (credit 9to5mac)

Luas layar yang dimiliki oleh iPhone 12 Pro Max ini mencapai 6.7 inci dengan panel OLED yang dapat memberikan tampilan layar yang sangat jelas dengan detail dan ketajaman yang luar biasa. Dengan dukungan XDR dan HDR10 memberikan pengalaman menonton video HDR menjadi lebih menyenangkan, didukung dengan stereo speaker yang dimilikinya.

Mungkin sobat membutuhkan 2 tangan untuk menggunakan iPhone ini, karena layarnya yang luas serta bobot yang dimiliki juga cukup berat yaitu 226 gram, yang tentunya 18 gram lebih berat dari Samsung Galaxy Note 20 ultra, menjadikan iPhone 12 Pro Max ini sangat solid dan kokoh ketika digenggam.

Karena pada seri iPhone kali ini sudah menggunakan frame yang datar, membuat kesan saat menggenggam ponsel ini menjadi lebih mantap dan juga lebih mudah jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max terdahulu. Pinggiran ponsel ini juga tidak licin kok sobat jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max yang masih memiliki lengkungan pada bagian frame nya. Tentunya untuk masalah desain memang sudah tidak ada komplain lagi sih untuk iPhone 12 Pro Max ini.

Performa yang luar biasa dan ketahanan baterai yang mendukung

Performa iPhone 12 Pro Max
Performa iPhone 12 Pro Max (credit root-nation)

Untuk sisi spesifkasi, iPhone 12 Pro Max ini juga masih menggunakan chipset yang sama yaitu Apple A14 Bionic dengan dukungan RAM 6GB dan juga penyimpanan paling rendah 128GB. Performa yang dihasilkan juga sangat bagus, cepat dengan pemrosesan yang singkat ketika digunakan untuk editing foto atau video, bahkan untuk bermain game, sudah paling kencang pokoknya. Kecepatan juga tidak hanya dari performa kok sobat, karena iPhone 12 Pro Max ini juga sudah mendukung 5G yang mana akan memberikan kecepatan transmisi internet yang lebih cepat lagi dibandingkan dengan 4G.

Performa yang tinggi juga membutuhkan ketahanan baterai yang mumpuni, pada beberapa uji coba yang dilakukan banyak reviewer, iPhone 12 Pro Max ini dapat tahan hingga hampir 2 hari pemakaian dengan screen on time mencapai lebih dari 7 jam. Sama seperti iPhone 12 Pro, pada saat mengisi daya, hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk dapat mengisi daya hingga 50%, 73 menit untuk mencapai 90%. Tentunya hal ini dapat dicapai hanya dengan menggunakan charger 20W dari Apple ya sobat. Dukungan MagSafe juga sudah ada, dengan daya maksimal yang dapat diterima hingga 15W.

Jadi untuk bagian performa dan ketahanan baterai memang sudah saling melengkapi. Di satu sisi sobat akan mendapatkan sebuah iPhone dengan performa yang sangat ganas, namun disisi lain, ketahanan baterai yang dimiliki juga cukup bagus dan sudah sangat cukup untuk digunakan sehari-hari dalam berbagai aktivitas yang sobat butuhkan.

Kamera iPhone 12 Pro Max dengan sensor terbesar

Kamera iPhone 12 Pro Max
Kamera iPhone 12 Pro Max (credit appletoolbox)

Kalau sobat menyukai fotografi, kamera dari iPhone 12 Pro Max ini dapat diandalkan utnuk kegiatan tersebut. Konfigurasi kamera pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memang sama, hanya saja terdapat sedikit perbedaan di antara keduanya, yuk kita bahas sekarang mengenai kamera iPhone 12 Pro Max ini.

Pada iPhone 12 Pro Max, terdapat 3 setup aperture yang dimiliki, ƒ/2.4, ƒ/1.6 dan ƒ/2.2. Ketika di dalam tampilan aplikasi kamera, sobat akan melihat indikator 0.5x, 1x dan 2.5x yang dapat sobat pilih diantara aperture yang ada. Kemampuan untuk zoom pada iPhone 12 Pro Max juga cukup baik, dengan 2x optikal zoom yang dapat ditingkatkan lagi hingga 10x digital zoom. Ketika sobat merubah aperture pada kameranya akan berdampak pada kapabilitas kamera untuk menangkap cukup cahaya, sehingga ketika mengambil foto pada keadaan kurang cahaya akan menghasilkan foto yang cukup terang dan detail juga. Dengan begitu untuk foto low light sudah sangat mumpuni dan sobat dapat mengabadikan momen yang terbaik meskipun pada keadaan kurang cahaya sekalipun.

Oke, memang untuk kemampuan pengambilan gambar low light yang baik ini juga didukung oleh sensor yang lebih besar dan Apple klaim bahwa dengan sensor yang baru ini meningkatkan 87% untuk performa low light nya jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max. Dengan penggunaan sensor yang baru tersebut dapat menghasilkan foto dengan detail yang sangat baik dan terlihat seperti keadaan aslinya.

Sensor LiDAR terbaru, yang juga dimiliki oleh iPhone 12 Pro, juga membuat hasil foto pada iPhone 12 Pro Max menjadi lebih baik lagi. Lensa LiDAR ini berfungsi untuk depth scanning dan memiliki aplikasi tersendiri yang juga dapat digunakan untuk pemindaian pada objek dan membuat desain 3D nya.  Lensa LiDAR ini juga berfungsi untuk memberikan akurasi dan juga kecepatan ketika sedang mengambil fokus, pada keadaan minim cahaya, LiDAR ini menggunakan infrared untuk menangkap objek sehingga detail dari foto menjadi lebih baik. Hadirnya lensa ini memang memberikan pengaruh yang cukup besar untuk mengambil foto pada iPhone 12 Pro Max ini. Detail yang sangat baik, fokus yang cepat, serta peningkatan yang signifikan ketika menghasilkan gambar pada kondisi kurang cahaya sekalipun.

Spesifikasi iPhone 12 Pro Max

Dimensi 160.8 x 78.1 x 7.4 mm
Berat 228 g
Layar 6.7 inches, 1284 x 2778 pixel, Super Retina XDR OLED, HDR10
Chipset Apple A14 Bionic (5 nm)
Processor Hexa-core (2×3.1 GHz Firestorm + 4×1.8 GHz Icestorm)
Ram 6GB
Memori 128GB, 256GB, 512GB NVME
Kamera Belakang 12MP + 12MP + 12MP + LiDAR
Kamera Depan 12 Megapixel
Baterai Non-removable Li-Ion 3687 mAh

 

Jadi, lebih baik pilih seri iPhone 12 yang mana?

iPhone 12 Series
iPhone 12 Series (credit cnet)

Apple memang memberikan opsi yang lebih luas lagi dengan kehadiran seri iPhone 12 tahun ini. Dengan hadirnya lini terbaru, yaitu iPhone 12 Mini, yang langsung menjadi buruan banyak orang, karena desain yang cantik serta ukuran yang compact namun bertenaga luar biasa memang cukup menjadi alasan untuk dimiliki. Meskipun memiliki kapasitas baterai yang kecil di antara iPhone 12 lainnya, performa ketahanan baterainya juga tidak mengecewakan jika tidak digunakan untuk gaming yang intens ya sobat. Untuk aspek lainnya, iPhone 12 Mini, yang juga menjadi lini iPhone 12 paling murah ini, sudah sama saja dengan yang lainnya. Performa yang luar biasa, kamera yang bagus, serta layar yang cantik karena memiliki spesifikasi yang sama, hanya saja ukuran yang mungil bahkan lebih kecil dari iPhone SE 2 yang memiliki layar 4.7 inci. Pada iPhone 12 Mini ini memang sangat cocok untuk digunakan oleh kebanyakan orang, terlebih lagi untuk sobat yang mencari iPhone ringkas namun bertenaga dan siap untuk digunakan seharian.

Di sisi lain, iPhone 12 menyajikan bentuk yang lebih besar daripada iPhone 12 Mini. Dengan spesifikasi yang sama dengan iPhone 12 Mini dan memiliki perbedaan di kapasitas baterai, ukuran dan juga luas layar saja. iPhone 12 ini memang cocok untuk dimiliki jika memang sobat menginginkan iPhone dengan ukuran yang ideal, jika memang iPhone 12 Mini terlalu kecil untuk sobat. Performa juga sama baiknya dengan iPhone 12 Mini, namun memiliki baterai yang lebih besar, sehingga untuk ketahanan baterai jelas lebih baik dan dapat bertahan lebih lama untuk aktivitas yang berat sekalipun. Kamera yang dimiliki juga menghasilkan gambar yang tajam dan baik, sehingga sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan fotografi menggunakan ponsel.

Mulai dari iPhone 12 Pro ini, perbedaan yang dimiliki baru terasa jika dibandingkan dengan lini non-pro nya. Meskipun untuk performa hampir sama dengan iPhone 12, namun karena memiliki kapasitas RAM yang lebih besar, yakni 6GB, menjadikan multitasking lebih baik jika dibandingkan dengan iPhone 12 biasa, ya meskipun pada kenyataan performa yang dirasakan memang sama saja, sama-sama kencang. Pada bagian kamera juga sudah hadir lensa LiDAR yang memberikan banyak improvement pada sektor kamera. Hasil gambar dari kamera ini menjadi lebih baik dengan detail gambar yang jelas dan kemampuan low light yang lebih baik lagi. Fokus pada kamera juga menjadi lebih cepat karena lensa LiDAR dapat menunjang hal tersebut. Tentunya pemilihan iPhone 12 Pro ini cocok untuk sobat yang memang menginginkan performa yang lebih lagi dan memang lebih sering menggunakan kamera untuk kegiatan sehari-hari. Ukuran yang cukup ideal juga membuat iPhone 12 Pro ini menjadi lebih pas untuk digenggam bahkan dimasukkan ke dalam saku.

Dan yang terakhir, untuk iPhone 12 Pro Max, memang untuk performa dan lainnya identik dengan iPhone 12 Pro, hanya saja untuk ukuran dan layar adalah yang terbesar untuk semua lini iPhone saat ini. Ukuran layar yang besar juga diimbangi dengan resolusi yang lebih besar juga demi menghasilkan gambar yang jernih dan detail sehingga dapat memberikan pengalaman penggunaan menjadi menyenangkan. Sensor yang lebih besar pada kameranya memang menjadi poin utama dalam iPhone 12 Pro Max ini. Dengan sensor kamera yang besar, artinya kemampuan dalam menangkap cahaya pastinya lebih baik dibandingkan dengan ke-tiga saudaranya itu. Jika memang sobat tidak masalah merogoh kocek lebih dalam dan nyaman pada ukuran iPhone 12 Pro Max ini, ponsel ini sangat cocok untuk digunakan. Apalagi untuk sobat yang hobi fotografi menggunakan ponsel, karena banyak orang yang memang lebih memilih menggunakan ponsel untuk fotografi karena sudah cukup bagus gambarnya. Bahkan dukungan format AppleRAW pada iPhone 12 Pro dan Pro Max membuat sobat lebih leluasa lagi untuk melakukan editing pada foto tersebut.

 

Penutup

Semua iPhone 12 memang mengincar pasar yang lebih luas lagi, pilihan yang cukup banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan sobat pastinya. Pilihan ada di tangan sobat, karena masing-masing lini iPhone 12 ini memiliki keunggulan masing-masing. Secara performa, semua iPhone 12 ini memiliki kemampuan yang sama, hanya saja pada model yang Pro nya, RAM yang dimiliki lebih besar, yaitu 6GB, sehingga untuk multitasking menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan yang non-pro nya. Kamera juga begitu, versi Pro sudah dilengkapi dengan lensa LiDAR yang dapat menunjang kegiatan fotografi untuk mendapatkan gambar yang lebih detail dan jelas bahkan di kondisi kurang cahaya sekalipun.

Demikian artikel mengenai Perbandingan iphone 12, mini, pro dan pro max, mana yang terbaik? Semoga dapat menjadi referensi untuk sobat yang ingin membeli sebuah iPhone baru yang memang cocok dan sesuai dengan kebutuhan sobat. Nantikan terus artikel terbaru dari kami yang akan memberikan informasi teknologi serta membahas rekomendasi produk lainnya, hanya di Sobat Tekno.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *