Review Xiaomi Mi 10T Murah tapi Gak Murahan!

Review Xiaomi Mi 10T Murah tapi Gak Murahan – Xiaomi memang selalu memberikan kejutan untuk banyak orang. Jika sebelumnya Sobat Tekno sudah membahas mengenai Review Xiaomi Mi 10T Pro, kali ini yang akan dibahas adalah seri lebih rendahnya, yaitu Xiaomi Mi 10T. Pada seri kali ini, Xiaomi memang mengeluarkan 3 model untuk Xiaomi Mi 10T ini, mulai dari Xiaomi Mi 10T Lite, Xioami Mi 10T dan Xiaomi Mi 10T Pro yang semuanya memiliki ukuran layar yang sama, yaitu 6.67 inci.

review Xiaomi Mi 10T murah
Xiaomi Mi 10T

Untuk urusan performa memang menjadi hal yang paling diunggulkan untuk semua seri Xiaomi Mi 10T ini. Sama halnya dengan Xiaomi Mi 10T Pro, pada Xiaomi Mi 10T ini juga sudah menggunakan chipset yang sangat tinggi, yaitu Snapdragon 865. Sudah sangat jelas bahwa Snapdragon 865 ini memang termasuk salah satu chipset tercepat saat ini. Prosesor tersebut juga digunakan pada smartphone Xiaomi Mi 10 dan juga Xiaomi Mi 10 Pro.

Bagian lain dari Xiaomi Mi 10T ini juga tidak kalah menarik lho sobat, pasalnya, hamper semua aspek juga sudah sangat identik dengan versi Pro nya. Namun untuk Xiaomi Mi 10T memang memiliki harga yang lebih murah dan cukup ideal jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 10T Pro. Perbedaan yang paling terlihat antara Xiaomi Mi 10T dan juga Xiaomi Mi 10T Pro adalah pada bagian kameranya. Xiaomi Mi 10T Pro menggunakan resolusi 108MP, sedangkan Xiaomi Mi 10T biasa hanya menggunakan kamera dengan resolusi 64MP saja.

Untuk spesifikasi yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 10T dapat dilihat pada table di bawah ini:

Spesifikasi Xiaomi Mi 10T

Ukuran Layar 6.67 Inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2400 pixels, IPS LCD, HDR10+, 144Hz
OS ver Android 10, MIUI 12
CPU Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
Kecepatan CPU Octa-core (1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver)
Memori Internal 128GB
Memori Eksternal No
RAM 6GB, 8GB
Kamera Belakang 64MP + 13MP + 5MP
Kamera Depan 20MP
Baterai 5.000 mAh with 33W charger
Dimensi 165.1 x 76.4 x 9.3 mm
Berat 216 g
Warna Black, Silver

 

 

Desain stylish dengan perpaduan kaca dan aluminium

Xiaomi Mi 10T harga
Desain Xiaomi Mi 10T (credit Notebookcheck)

Sama halnya seperti yang sudah dibahas pada review Xiaomi Mi 10T Pro, pada Xiaomi Mi 10T ini juga masih menggunakan material yang sama, yaitu perpaduan kaca dan juga aluminium frame nya. Kaca yang digunakan juga sudah lindungi dengan lapisan Gorilla Glass 5. Dengan begitu, bentuk dan feel dari smartphone ini memang sangat bagus dan membuat ponsel ini kokoh dan solid pastinya.

Pada bagian layar juga sudah sangat bagus kok, mengusung luas layar yang sudah cukup luas dengan 6.67 inci dan sudah memiliki resolusi 2400 x 1080 piksel. Panel yang digunakan juga sudah IPS yang sudah dapat dilihat dari sudut manapun tanpa ada kendala pastinya sobat. Tidak seperti Xiaomi Mi 10 dan Xiaomi Mi 10 Pro yang memiliki pinggiran yang melengkung, pada Xiaomi Mi 10T ini hanya mengusung layar biasa yang flat.

Finishing pada bagian belakang dari Xiaomi Mi 10T ini sudah menggunakan permukaan yang matte sehingga ketika digunakan tidak akan mudah meninggalkan sidik jari yang biasanya membuat permukaan ponsel menjadi terlihat kotor. Masih berbicara bagian belakang ponsel, terdapat konfigurasi 3 kamera yang dirangkum menjadi 1 pada camera bump yang cukup tebal. Ketebalan dari kamera bump tersebut juga hingga 4mm yang mana ketika diletakkan pada meja atau permukaan yang datar, ponsel ini tidak akan bisa sepenuhnya menyatu dengan permukaan. Mungkin hal yang perlu diperhatikan adalah, Xiaomi Mi 10T ini tidak memiliki sertifikasi IP ya sobat, jadi jika sobat membeli Xiaomi Mi 10T ini, jangan pernah diajak berenang atau sampai terkena air.

Overall dari bagian desain, sudah sangat bagus dan keren. Pada bagian belakang yang matte finished juga memberikan kesan mewah dan juga mahal lho. Mungkin sobat juga membutuhkan sebuah case untuk ponsel ini, mengingat kamera bump pada ponsel ini juga cukup tebal dan juga berfungsi untuk menghindari lecet pada kamera yang pastinya akan berdampak padas kualitas gambarnya.

 

Konektivitas, Kapasitas penyimpanan 128GB dengan RAM 6GB atau 8GB

spesifikasi Xiaomi MI 10T
(image credit by gearbest.com)

Pada Xiaomi Mi 10T ini memiliki 2 pilihan yang dapat sobat pilih untuk kapasitas RAM-nya. Kapasitas RAM yang tersedia adalah 6GB dan juga 8GB, sobat dapat memilih sesuai dengan kebutuhan karena untuk penyimpanan, keduanya memiliki kapasitas penyimpanan yang sama, yaitu 128GB. Tentunya berbeda dengan Xiaomi Mi 10T Pro yang memiliki varian kapasitas penyimpanan hingga 256GB. Memang pada saat ini kapasitas penyimpanan 128GB sudah menjadi standar minimun interbal storage yang harus dimiliki. Dengan 128GB, pastinya sudah sangat cukup untuk menyimpan berbagai file, mulai dari musik, foto hingga video. Sayangnya,Xiaomi Mi 10T ini tidak dilengkapi dengan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanannya.

Untuk port yang dimiliki dari Xiaomi Mi 10T ini juga sudah menggunakan USB type-C yang dapat digunakan untuk pengisian daya serta menghubungkan dengan USB OTG. Sama seperti smartphone kekinian saat ini, Xiaomi Mi 10T ini juga tidak dilengkapi dengan headphone jack 3.5mm, namun sobat tidak perlu khawatir, karena Xiaomi juga menambahkan USB-C adapter untuk menghubungkan headset ke port headphone jack 3.5mm tersebut. Fitur lainnya yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 10T ini adalah hadirnya IR blaster dan juga LED notifikasi yang memudahkan sobat dalam mengetahui adanya notifikasi yang masuk, mengingat layar yang dimiliki masih menggunakan panel IPS.

 

Software – Perpaudan MIUI 12 dan Android 10

MIUI 12 Xiaomi Mi 10T Android 12
Xiaomi Mi 10T MIUI 12 Android 10 (credit notebookcheck)

Perangakat lunak yang digunakan pada ponsel ini sudah menggunakan Android terbaru yaitu Android 10 dengan antar muka MIUI 12 yang memiliki beberapa penyegaran pada sisi tampilannya dibandingkan dengan MIUI sebelumnya. Bloatware pada Xiaomi Mi 10T ini juga bisa dibilang lebih sedikit dibandingkan dengan kebanyakan ponsel Xiaomi lainnya. Aplikasi pihak ketiga yang ter-install pada Xiaomi Mi 10T ini cukup bagus dan berguna, misalnya seperti WPS Office, LinkedIn dan Netflix. Aplikasi tersebut juga dapat sobat uninstall jika memang tidak diperlukan, tidak seperti bloatware yang lainnya, yang tidak bisa dihapus.MIUI 12 juga memiliki fitur pendukung bagi sobat yang senang bermain game. Dengan game turbo, sobat dapat bermain game dengan tenang tanpa harus terganggu dengan notifikasi yang masuk, game turbo juga akan membersihkan aplikasi yang tidak diperlukan sehingga performa ketika bermain game bisa lebih stabil lagi.

 

Kamera 64MP yang butuh perbaikan

Kamera Xiaomi Mi 10T
Kamera Xiaomi Mi 10T (credit mi global)

Pada Xiaomi Mi 10T, memiliki konfigurasi 3 kamera yang memiliki resolusi masing-masing, 64MP pada kamera utamanya dengan autofocus, 4-in-1 pixel-binning dan juga 10x digital zoom dengan menggunakan sensor kamera Sony IMX682 1/1.7”, f/1.89 apreture. Untuk kamera lainnya terdapat lensa ultra-wide dengan resolusi 13MP yang memiliki 123 derajat luas pandangannya. Dilengkapi juga dengan 5MP kamera makro yang dapat digunakan pada jarak 2 hingga 10 cm dan juga memiliki auto focus layaknya kamera utama dari ponsel ini. Pada bagian perekaman video, Xiaomi Mi 10T juga cukup baik lho sobat, karena sudah dapat melakukan perekaman hingga resolusi 8K pada 30fps. Untuk fitur tambahan seperti perekaman slo-mo juga dapat dilakukan pada 960fps, sudah cukup lambat dan menghasilkan video pada resolusi 1080p.

Sayangnya, fitur OIS pada kamera Xiaomi Mi 10T ini absen, fitur ini juga hanya terdapat pada Xiaomi Mi 10T Pro saja. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, Xiaomi Mi 10T ini memiliki konfigurasi kamera yang sama, hanya saja pada kamera utama, Xiaomi Mi 10T hanya memiliki resolusi 64MP, sedangkan pada Xiaomi Mi 10T Pro memiliki 108MP dan sudah menggunakan Samsung HMX sensor.

Lanjut ke bagian kamera depan yang menggunakan sensor Samsung S5K3T2 (1/3.4”, f/2.2) yang memiliki resolusi cukup tinggi, yaitu 20MP dan pastinya sudah dapat mengambil gambar yang cukup bagus pada kondisi cahaya yang cukup. Perekaman video pada kamera depan dapat dilakukan dengan resolusi 1080p pada 30fps dan juga sudah bisa slo-mo pada resolusi 720p 120fps.

Kamera utama Xiaomi Mi 10T ini dapat menghasilkan gambar yang sangat bagus lho sobat. Warna yang dihasilkan juga cukup natural dengan detail yang bagus dan juga dynamic range yang stabil. Namun ketika sobat mengambil gambar dengan zoom, kualitas gambarnya menjadi berkurang, hal ini dikarenakan Xiaomi Mi 10T ini tidak memiliki lensa telephoto, sehingga untuk melakukan zoom hanya bisa dilakukan dengan digital zoom saja. Kekurangan pada sector kameranya juga terdapat pada kamera ultra-wide nya. Ketika mengambil gambar dengan kamera ultra-wide, warna yang dihasilkan cukup pucat dan ketajaman gambar menjadi berkurang.

 

Panel IPS yang cerah dan sudah 144Hz, mengagumkan!

Spesifikasi Layar Xiaomi Mi 10T
Layar Xiaomi Mi 10T (credit mi global)

Pada sektor layar, Xiaomi Mi 10T ini memang masih belum menggunakan panel AMOLED, begitu juga Xiaomi Mi 10T Pro. Meski begitu, Xiaomi memberikan hal lain yang lebih bagus untuk kompensasi harga yang murah tanpa menggunakan panel AMOLED. Hadir dengan layar berukuran 6.67 inci dan menggunakan panel IPS yang memiliki resolusi 2400 x 1080, sehingga gambar yang dihasilkan juga cukup tajam dan juga viewing angle yang lebih luas tentunya. Hal ini dikarenakan kerapatan piksel yang dimiliki adalah 395 ppi, yang berarti untuk ketajaman dari layar ini tidak ada masalah. Selain itu, Xiaomi juga menyematkan refresh rate yang tinggi, dengan 144Hz pastinya sudah sangat memanjakan mata, transisi yang dihasilkan juga sangat mulus membuat pengalaman scrolling media sosial maupun membaca menjadi lebih menyenangkan.

Karena sudah menggunakan panel IPS, Xiaomi Mi 10T tidak memiliki masalah ketika digunakan pada luar ruangan, meskipun di bawah sinar matahari sekalipun. Pastinya sobat tidak akan menemukan masalah ketika menggunakannya dan akan tetap nyaman menatap layar Xiaomi Mi 10T ini. Panel IPS juga memungkinkan sobat melihat layar dengan warna yang sama pada setiap angle, ya mungkin hanya akan terlihat sedikit lebih gelap saja di angle tertentu, namun hal ini teap bukanlah masalah.

 

Performa kencang dengan high-end prosesor Snapdragon 865

harga dan performa Xiaomi Mi 10T
Performa Xiaomi Mi 10T

Untuk bagian performa, mungkin sobat sudah mengetahui apa yang akan kami bahas, karena Xiaomi Mi 10T ini sudah menggunakan chipset terkencang saat ini yaitu Snapdragon 865. Dengan menggunakan chipset ini, membuat Xiaomi dapat menyematkan storage dengan jenis UFS 3.1 yang memiliki kemampuan read and write lebih cepat tentunya. Pada pengolahan grafis juga tidak kalah kencang kok, Adrenop 650 sudah siap banget untuk sobat ajak bermain game dan dapat mengolah grafis yang berat sekalipun. Performa dari prosesor dan juga kartu grafis ini diimbangi juga dengan kapasitas RAM yang sudah cukup luas. Terdapat 2 pilihan yang bisa sobat pilih, RAM dengan kapasitas 6GB atau 8GB, tentunya dengan RAM 8GB akan memberikan performa yang lebih baik, meskipun pada penggunaannya, perbedaan RAM ini tidak terlalu terasa. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan juga budget sobat ya.

Belum lengkap rasanya jika membahas performa tapi tidak membahas gaming nya. Ya mau bagaimana lagi? Dengan Snapdragon 865 octa-core SoC dan juga dilengkapi dengan Adreno 650 pada pengolahan grafisnya, Xiaomi Mi 10T ini sudah sangat sanggup melahap semua game yang ada saat ini. Misalnya untuk bermain PUBG mobile, sebenarnya ponsel ini  bisa saja mendapatkan fps yang lebih, namun karena  dibatasi,  Xiaomi Mi 10T ini hanya dapat 30 fps saja, meski begitu, ketika  bermain tidak akan merasakan drop frame rate kok, kecuali jika koneksi internet sobat tidak stabil. Ketika digunakan pada load yang tinggi, Xiaomi Mi 10T ini juga cenderung dingin, dengan suhu maksimal yang hanya mencapai sekitaran 37 derajat celcius saja. Dengan begitu, untuk bermain game pastinya sobat tidak akan terganggu dengan panasnya ponsel, karena hal tersebut akan sangat jarang ditemui pada Xiaomi Mi 10T ini.

 

Ketahanan baterai yang mumpuni

Spesifikasi Xiaomi Mi 10T Baterai
Baterai Xiaomi Mi 10T

Setelah membahas performa dari Xiaomi Mi 10T ini, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas soal ketahanan baterainya. Karena ponsel dengan performa yang tinggi akan cenderung digunakan untuk aktivitas yang berat, misalnya bermain game untuk waktu yang cukup lama, sehingga ketahanan baterai ini memang harus mumpuni. Untuk kapasitas baterai yang dimiliki Xiaomi Mi 10T ini masih sama dengan Xiaomi Mi 10T Pro dengan 5000mAh. Pada paket penjualan juga sudah tersedia kepala charger yang memiliki kemampuan pengisian daya hingga 33W yang dapat mengisi 50% hanya dalam waktu 27 menit dan hingga 100% pada 70 menit. Sayangnya, Xiaomi Mi 10T ini masih belum mendukung wireless charging sehingga tidak dapat diisi dayanya secara nirkabel.

Penggunaan daya pada Xiaomi Mi 10T juga cenderung efisien, karena konsumsi daya yang rendah ketika idle maupun ketika digunakan untuk aktivitas yang berat sekalipun. Dengan kapasitas baterai 5000mAh, Xiaomi Mi 10T ini sudah dapat digunakan seharian untuk berbagai aktivitas sehari-hari seperti streaming video, bermain game, bersosial media dan web browsing. Terlebih lagi, meski menggunakan refresh rate 144Hz, baterai yang dikonsumsi juga tidak boros kok, apalagi jika fitur ini dimatikan dan hanya menggunakan refresh rate normal 60Hz, daya tahan baterainya akan lebih awet lagi.

 

Kesimpulan

 

Smartphone murah dengan performa layaknya smartphone flagship sudah bukan hal yang tidak mungkin saat ini. Xiaomi menjawab semua permintaan sobat dengan menghadirkan lini produk Xiaomi  Mi 10T yang sudah menggunakan spesifikasi tinggi, seperti penggunaan chipset Snapdragon 865, luas layar 6.67 inci, pengolahan grafis Adreno 650, baterai berkapasitas besar 5000mAh serta poin utama selain prosesor adalah dukungan untuk refresh rate tinggi hingga 144Hz.

Meski sudah dilengkapi dengan berbagai komponen high-end, dalam menekan biaya, Xiaomi melakukan penyesuaian dari beberapa aspek yang terdapat pada Xiaomi Mi 10T ini. Namun hal yang dikurangi ini juga tidak begitu berpengaruh banyak sih, absennya kemampuan wireless charging, kamera yang hanya memiliki resolusi 64MP, serta penggunaan panel IPS dibandingkan AMOLED masih dapat dimaklumi. Meski belum menggunakan panel AMOLED, namun gambar dan tampilan yang dihasilkan sudah sangat tajam dengan warna yang menarik serta viewing angle yang sangat baik juga. Mungkin saat ini, Xiaomi Mi 10T adalah smartphone termurah yang memiliki spesifikasi tinggi dan Xiaomi Poco F2 Pro bisa menjadi alternatif lainnya. Karena Xiaomi Poco F2 Pro sama-sama memiliki SoC yang sama, sudah menggunakan panel AMOLED serta memiliki kamera depan dengan mekanisme pop-up.

 

Penutup

Demikian artikel mengenai Review Xiaomi Mi 10T Murah tapi Gak Muraha kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan informasi baru mengenai Xiaomi Mi 10T ini. Bagi sobat yang ingin memilikinya, perlu diperhatikan kapasitas RAM yang dimiliki pada Xiaomi Mi 10T ini, dan dapat sobat pilih sesuai dengan kebutuhan juga. Nantikan terus artikel kami selanjutnya yang akan membahas informasi mengenai teknologi serta rekomendasi barang lainnya, hanya di Sobat Tekno.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *