Samsung Galaxy S21 dengan Setup Kamera Baru!

Samsung Galaxy S21 akan menjadi suksesor dari produk Samsung sebelumnya, yaitu seri Samsung Galaxy S20. Baru-baru ini renderan dari Samsung Galaxy S21 tersebar oleh Steve Hemmerstoffer atau yang lebih sering dikenal dengan @OnLeaks pada sosial media terbaru bernama Voice.

Renderan berbasis CAD ini menampilkan desain untuk Galaxy S21 atau mungkin akan dinamakan Samsung Galaxy S30, tergantung dengan keputusan Samsung dalam menamakan produknya. Dilihat dari track record dari Steve Hemmerstoff ini, kemungkinan dari renderan tersebut akan menjadi cukup akurat dari versi aslinya.

 

Desain Samsung Galaxy S21

Desain Galaxy S21
Desain Samsung Galaxy S21

Pada original desain render Galaxy S21/S30 memperlihatkan setup 4 kamera dan sebuah LED flash. Kemudian, OnLeaks melakukan pembaharuan pada desain rendernya yang menunjukkan bahwa nantinya Galaxy S21 akan memiliki 5 kamera, atau kemungkinan 4 kamera dengan tambahan sensor kamera baru yang masih belum diketahui detailnya.

Dari desain render yang diberikan, Galaxy S21 memilki desain layar yang sama seperti ponsel Samsung lainnya yaitu masih mengadaptasi layar dengan “Infinity-O punch hole“. Sedangkan pada sektor luas layar akan mengadaptasi ukuran 6.7 untuk Galaxy S21 dan 6.9-inch untuk varian Galaxy S21 Ultra-nya.

Hemmerstoffer juga memberikan detail terkait dengan dimensi dari Galaxy S21 Ultra itu sendiri, yaitu dengan ukuran 165.1 x 75.6 x 8.9mmTerdapat sebuah spekulasi terkait dengan desain baru Samsung dan sudah dipatenkan dengan nama “blade bezel” yang memungkinkan untuk benar-benar menghilangkan pinggiran pada bezelnya.

 

 

Performa dan Prosesor

Prosesor Galaxy S21

Samsung memang memiliki prosesor buatannya sendiri, yaitu Exynos, namun tidak dipungkiri jika Galaxy S21 terbaru juga akan mengadaptasi prosesor dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 875 yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, SoC terbaru dari Qualcomm tersebut akan disematkan pada Galaxy S21 yang merupakan Snapdragon 875 dengan fabrikasi 5nm dan juga akan didukung oleh modem 5G.

Bocoran lain mengenai spesifikasi dari Samsung Galaxy S21 juga menyebutkan bahwa ponsel tersebut memang akan memiliki SoC Snapdragon 875, 16GB RAM, storage yang berkapasitas 128GB  dengan tipe UFS 3.1 dan juga baterai berkapasitas 4.600mAh.

Samsung juga akan mengeluarkan prosesor Exynos seri terbaru yang akan diberi nama Exynos 1000 atau Exynos 992 dan juga akan mengadaptasi fabrikasi 5 nano meter. Benchmark yang tersebar menyebutkan bahwa performa dari Exynos akan memberikan 3x tenaga yang lebih besar dari pada Snapdragon 865.

 

Camera

Kamera Galaxy S21
Kamera Samsung Galaxy S21

Media Korea, The Elec, menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S21 akan memiliki kamera utama dengan resolusi 180MP bahkan memilki sensor yang lebih besar dari pada Samsung Galaxy S20 yang memiliki resolusi 108MP. Samsung Galaxy S21 juga akan mendukung 2 kali optikal zoom dan juga akan memiliki lensa yang dapat melakukan zoom hingga 10 kali dengan model periskop.

Berdasarkan dari renderan OnLeaks dan juga bocoran dari Slashleaks pada gambar di atas, bisa kita lihat bahwa kemungkinan ponsel Galaxy S21 varian basic akan menggunakan setup 3 kamera dan Samsung melakukan perubahan pada desain bump nya agar lebih baik.

kamera bump galaxy s21
kamera bump samsung galaxy s21

Dengan alasan tersebut bump pada kamera menjadi melengkung, sama seperti yang terlihat dari renderan OnLeaksbump pada kamera menyatu dengan ujung ponsel, setidaknya pada sisi ujung kiri ponsel.

Ponsel terbaru dari Samsung ini akan menggunakan upgrade terbaru dari sensor sebelumnya yaitu HM1 yang digunakan pada Samsung Galaxy S20 Ultra. Mungkin saja Samsung Galaxy S21 Ultra akan menggunakan teknologi sensor ToF terbaru Samsung, yaitu “ISOCELL Vizion” 3D ToF. Samsung dikonfirmasi sudah melakukan pendaftaran untuk paten dari “ISOCELL VIzion” pada EUIPO tanggal 18 September 2020.

Penggunaan sensor Time of Flight merupakan sebuah jawaban untuk melawan teknologi LiDAR yang sudah digunakan pertama kali pada seri iPad Pro dan juga digunakan pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Meskipun penggunaannya sama dengan ToF, sensor LiDAR dikatakan lebih akurat karena prosesnya menggunakan beberapa “sinar laser” daripada hanya menggunakan infra merah.

 

Dukungan S Pen?

S Pen Samsung Galaxy S21
S Pen pada Samsung Galaxy Note 20

Dari laporan The Elec, Samsung Galaxy S21 Ultra memungkinkan untuk menghadirkan fitur S Pen pada perangkat tersebut. Mungkin saja Samsung Galaxy S21 Ultra akan mendukung S Pen namun tidak ada tempat untuk penyimpananannya.

 

Charger dan earphone?

Wall Charger Galaxy S21
Kepala Charger Samsung Galaxy – source: SamMobile

Apple dengan seri iPhone 12 yang baru saja diluncurkan memang membuat kontroversi yang cukup menggegerkan, pasalnya ponsel terbaru dari Apple tersebut memiliki bentuk kotak yang lebih tipis dari seri sebelumnya. Hal ini disebabkan Apple menghilangkan kepala charger dan juga earphone dari paket penjualannya.

Tersiar kabar dari SamMobile, bahwa Samsung juga akan melakukan langkah yang sama untuk menghilangkan kepala charger dan juga earphone dari paket penjualannya. Tentu saja ini akan membuat pelanggan kecewa karena harus membeli kepala charger dan juga earphone terpisah dari luar paket penjualannya.

 

Samsung Galaxy S21: apa yang kita harapkan

Galaxy S21
Render Samsung Galaxy S21

Galaxy S21 tentu saja akan menjadi rival untuk iPhone 12 yang baru baru ini diluncurkan dan juga akan menjadi lawan yang cukup tangguh untuk Google Pixel 5 juga. Tetapi ada beberapa hal yang mungkin bisa diperbaiki dari pendahulunya Samsung Galaxy S20 agar dapat lebih bersaing dengan kompetitornya.

  • Harga yang lebih murah

Harga dari Samsung Galaxy S20 FE dimulai dari 9.6 juta adalah jawaban langsung untuk memilih harga yang lebih kompetitif melawan iPhone 12 dan juga iPhone 12 mini. Mungkin harga yang perlu dipatok untuk Samsung Galaxy S21 bisa berkisar 9 sampai dengan 11 juta rupiah.

  • Baterai yang lebih baik

Meskipun lini Samsung Galaxy S20 memilki baterai yang cukup besar, namun ponsel seri Galaxy S20 tidak memiliki ketahanan baterai yang lebih baik dari sebelumnya. Contohnya, pada varian Samsung Galaxy S20 biasa yang hanya bisa bertahan sekitar 8 jam 31 menit, bandingkan dengan varian Samsung Galaxy S10 yang memiliki ketahanan baterai hingga 10 jam dan Samsung Galaxy S10 Plus dapat bertahan hingga 11 jam begitu juga untuk varian Galaxy S10 Plus 5G.

Hanya Samsung Galaxy S20 Ultra saja yang dapat mencapai hingga 12 jam lebih untuk ketahanan baterainya. Bagaimanapun, ketahanan baterainya berkurang hingga menjadi 9 jam dengan menggunakan refresh rate 120Hz.

  • Minim bug pada saat peluncuran

Kabar baiknya, Samsung telah mengeluarkan update pada perangkat lunaknya lebih cepat berdasarkan dari masukan dan juga komplain dari pengguna ponsel Samsung Galaxy. Tetapi kabar buruknya, Samsung tidak mengaplikasikannya untuk membenahi bugs yang ada sebelum peluncuran ponsel seri terbarunya. Masalah terbesar yang terjadi adalah pada ponsel Samsung Galaxy S20 Ultra, yang memiliki masalah pada fokus kameranya yang dianggap lamban ketika sedang merekam video.

Demikian pembahasan seputar rumor terbaru dari lini produk Samsung terbaru, dan semua ini masih hanya rumor saja dan mungkin akan berbeda pada kenyataannya pada saat produk tersebut sudah dirilis. Namun yang pasti, ponsel terbaru dari Samsung ini memang layak untuk ditunggu karena mungkin akan menggunakan teknologi terbaru mereka untuk dapat bertahan pada persaingan dunia ponsel pintar yang semakin lama perkembangannya semakin cepat.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *