Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Terbaru, Dirilis Bulan Januari

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Terbaru, Dirilis Bulan Januari – Peluncuran Samsung Galaxy S21 memang sudah di depan mata. Kabarnya ponsel terbaru dari Samsung ini akan dirilis pada tanggan 14 Januari 2021. Samsung memang sudah mengeluarkan event Unpacked yang baisanya menjadi event untuk perilisan seri Galaxy terbaru dari Samsung ini.

spesifikasi samsung galaxy S21
samsung galaxy S21 (credit voice)

Memang biasanya Samusng akan merilis ponsel terbarunya pada bulan Februari setiap tahunnya, namun pada tahun 2021 ini, untuk peluncuran ponsel terbaru lebih cepat 1 bulan. Harga yang akan dipatok untuk device terbaru dari Samsung ini memang akan sama saja dengan harga Samsung Galaxy S20 series pada tahun lalu. Tentunya ini adalah hal baik karena sobat dapat memiliki Samsung Galaxy S21 terbaru ini dengan harga yang masih sama dengan tahun sebelumnya.

Pastinya sobat sudah sangat menunggu perilisan smartphone terbaru dari Samsung ini. Samsung Galaxy S21 ini memang sangat ditunggu oleh banyak orang yang ingin mengetahui kejutan apa lagi yang akan ditunjukkan oleh Samsung. Berikut adalah spesifikasi lengkap Samsung Galaxy S21 yang akan hadir dalam waktu dekat ini.

 

Samsung Galaxy S21: Desain dan Layar

harga samsung galaxy S21
Desain Samsung Galaxy S21 (credit voice)

Secara umum, desain dari Samsung Galaxy S21 ini memang masih sama pada sisi depannya. Hanya saja pada Samsung Galaxy S21 ini memiliki “dagu” yang lebih tipis jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20. Sedangkan pada bagian belakangnya, memiliki desain yang sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya seperti yang sudah kami bahas pada artikel kami sebelumnya.

Layar yang dimiliki nanti akan masih sama menggunakan luas layar 6.2 inci dan tidak melengkung bahkan cenderung datar, tidak seperti pada seri sebelumnya yang masih menggunakan lengkungan pada sisi layarnya. Dimensi ponsel ini dikabarkan memiliki ukuran 151.7 mm pada panjangnya, 71.2 mm pada lebarnya serrrta 7.9 mm pada ketebalannya. Memang terdapat berbagai rumor yang mengatakan kalau Samsung akan menggunakan setup kamera depan di bawah layar, namun sepertinya hal tersebut tidak akan digunakan pada Samsung Galaxy S21 tahun ini.

Untuk versi lebih tinggi dari Samsung Galaxy S21 akan memiliki layar yang melengkung dengan luas layar sekitar 6.7 atau 6.9 inci. Dimensi dari versi Ultra nya ini akan memiliki ukuran 165.1 mm pada panjangnya, 75.6 mm pada lebarnya dan 8.9 mm untuk lebarnya. Untuk versi Ultra ini, memang dikabarkan akan mendukung penggunaan S-Pen, namun pada ponselnya tidak akan memiliki tempat untuk menyimpan S-Pen tersebut.

Pada bagian belakangnya memang memiliki kamera bump yang berbeda dengan Samsung Galaxy S20 sebelumnya. Pada gambar yang dibocorkan oleh Mauri QHD, menampilkan bagian belakang dengan kamera bump yang cukup besar pada versi S21 Plus nya. Menurut kami untuk desain dari kamera bump ini lebih baik jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, karena desain yang lebih minimalis serta tinggi bump yang lebih rendah.

desain samsung galaxy S21 2
Bagian depan dan belakang Samsung Galaxy S21 (credit @OnLeaks / voice)

Lanjut ke bagian layar, seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, luas layar pada Samsung Galaxy S21 adalah 6.2 inci, pada Samsung Galaxy S21 Plus memiliki luas 6.7 inci, sedangkan untuk Samsung Galaxy S21 Ultra akan memiliki luas 6.8 inci. Refresh rate yang tinggi juga masih hadir pada ponsel terbaru Samsung ini dengan 120Hz dan pada versi Ultra nya sudah terdapat fitur adaptive refresh rate yang bisa menyesuaikan refresh rate sesuai dengan kebutuhan.

Resolusi pada layar Samsung Galaxy S21 dan S21 Plus adalah Full HD+, sedangkan versi Ultra nya sudah menggunakan resolusi WQHD+ sehingga tampilan dari layarnya sudah lebih tajam. Untuk menunjang tampilan gambar pada layarnya, panel pada seri Samsung Galaxy S21 ini menggunakan Dynamic AMOLED 2X yang memberikan tampilan warna lebih punchy lagi. Tidak hanya itu saja, untuk bagian proteksi, layar pada Samsung Galaxy S21 ini sudah menggunakan Gorilla Glass Victus yang lebih tahan dari retakan yang sudah digunakan pada seri Galaxy Note 20.

Desain Samsung Galaxy S21 Ultra
Desain Samsung Galaxy S21 Ultra (credit @OnLeaks)

Warna pada seri Samsung Galaxy S21 ini cukup banyak pilihannya, mulai dari hitam, putih, abu-abu, silver, violet serta merah muda. Seperti dilansir dari Android Police, berikut ini adalah pilihan warna yang bisa sobat pilih:

  • Samsung Galaxy S21: Phantom Violet, Phantom Pink, Phantom Gray dan Phantom White
  • Samsung Galaxy S21 Plus: Phantom Silver, Phantom Black dan Phantom Violet
  • Samsung Galaxy S21 Ultra: Phantom Black dan Phantom Silver

Berikut ini adalah contoh tampilan warna yang akan diluncurkan oleh Samsung, seperti yang kami lansir dari @ishanagarwal24 dari posting-an Twitternya.

warna Samsung Galaxy S21-2

Warna Samsung Galaxy S21
Warna Samsung Galaxy S21

Memang untuk warna, tidak semua akan tersedia pada semua region.

 

Samsung Galaxy S21: Kamera

Pada sektor kamera memang cukup menarik pada ponsel Samsung Galaxy S21 yang akan diluncurkan nantinya. Misalnya pada Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S21 Plus akan memiliki setup 3 kamera dengan masing-masing resolusi 12MP f/1.8 pada kamera utamanya, 64MP f/2.0 untuk telephoto nya, 12MP f/2.2 untuk lensa ultra-wide nya serta 10MP f/2.2 untuk kamera depannya.

Kamera Samsung Galaxy S21
Kamera Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus (credit @sakitechonline)

Sedangkan pada Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki resolusi yang sangat besar dengan 108MP f/1.8 pada kamera utamanya, 12MP f/2.2 pada lensa ultra-wide, dua buah kamera kamera telephoto dengan masing-masing resolusi 10MP f/2.4 dan 10MP f/4.9 serta kamera depan dengan resolusi besar 40MP f/2.2.  

Sayangnya dari semua lini Samsung Galaxy S21 ini tidak memiliki sensor ToF (time-of-flight) yang sebelumnya ada pada lini Samsung Galaxy S20. Mungkin alasan Samsung adalah untuk menyempurnakan terlebih dahulu dari sensor tersebut agar bisa bersaing dengan LiDar yang sudah ada pada ponsel Apple. Untuk sensor ini, sebenarnya tersiar kabar kalau Samsung akan menggunakan sensor buatan dari Sony, namun sepertinya mereka ingin mengembangkan sendiri sensor tersebut.

Tentunya penggunaan dari sensor ini dapat diaplikasikan untuk kebutuhan facial recognition, efek bokeh pada kamera dan juga kebutuhan augmented reality yang lebih baik lagi. Namun seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, memang paten ini bukan berarti akan hadir pada lini Samsung Galaxy S21 tahun ini.

Pada gambar di bawah ini, terlihat paten dari Samsung yang menggunakan konfigurasi 6 kamera pada bagian belakangnya, dengan 5 kamera wide-angle serta 1 kamera untuk telefotonya. Yang menarik adalah, kameranya dapat berubah angle mungkin secara mekanis sehingga dapat mengambil gambar lebih fleksibel lagi dari berbagai sudut pandang.

Samsung Paten
Samsung Paten Kamera (credit Samsung / LetsGoDigital)

Samsung Galaxy S21: Baterai

Lanjut ke bagian baterai, dari sumber yang kami terima, Samsung Galaxy S21 Ultra akan memiliki kapasitas baterai 5000mAh, yang berarti versi di bawahnya akan memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil. Kabarnya memang pada versi Samsung Galaxy S21 biasa akan memiliki kapasitas baterai 4000mAh, sedangkan untuk Samsung Galaxy S21 Plus akan memiliki kapasitas baterai 4800mAh.

Samsung Galaxy S21 Baterai
Samsung Galaxy S21 Baterai

Sebenarnya untuk kapasitas baterai yang dimiliki sudah cukup besar untuk mengakomodir semua kegiatan sobat seharian. Jika memang membutuhkan pengisian daya yang cepat, kabarnya lini Samsung Galaxy S21 ini sudah mendukung fast charging hingga 65W. Namun terdapat kabar kalau Samsung akan mengikuti jejak dari Apple yang menghilangkan kepala charger pada paket penjualan mereka, tentunya ini sangat disayangkan sekali, sehingga sobat perlu membeli kepala charger secara terpisah.

Samsung Galaxy S21: Performa dan Fitur

Masih menggunakan strategi yang sama, Samsung memang membedakan penggunaan chipset untuk region tertentu. Misalnya pada pasar US, ponsel ini akan dibekali dengan chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 888, chipset yang sudah diperkenalkan pada bulan Desember tahun lalu. Sedangkan untuk pasar internasional, lini ponsel terbaru Samsung ini akan menggunakan chipset Exynos 2100.

Qualcomm Snapdragon 888
Qualcomm Snapdragon 888 (credit geardiary)

Untuk menunjang performa dari ponsel ini, Samsung memberikan pilihan kapasitas RAM 8GB dan 12GB yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan sobat. Untuk kapasitas penyimpanan yang tersedia kabarnya mulai dari 128GB dan 256GB untuk versi Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S21 Plus. Sedangkan untuk varian tertinggi Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki kapasitas tertinggi yaitu 512GB.

Tentunya untuk semua varian Samsung Galaxy S21 ini sudah mendukung sinyal 5G dan kemungkinan besar Samsung akan menghilangkan varian 4G pada lini terbarunya. Ini berarti Samsung menginginkan ponsel terbarunya lebih future-proof dalam bidang konektivitas jaringan mobile nya.

Seperti yang sudah dibahas di atas, memang pada Samsung Galaxy S21 Ultra akan memiliki dukungan untuk menggunakan S-Pen stylus. Hal ini karena samsung sudah memesan part digitizer yang kompatibel untuk digunakan oleh stylus. Meski begitu, sobat tetap harus membeli S-Pen secara terpisah karena tidak termasuk dalam paket penjualannya seperti pada seri Note mereka. Dengan adanya dukungan stylus melengkapi Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Terbaru yang akan dirilis pada waktu dekat ini.

 

Penutup

Smartphone besutan Samsung memang selalu menarik untuk ditunggu kehadirannya. Mulai dari desain, performa serta fitur-fitur terbaru selalu dinantikan oleh banyak orang. Apalagi sekarang persaingan pada smartphone memang menjadi sangat ketat, performa yang tinggi serta efisiensi baterai dan software menjadi yang lebih ditekankan lagi. Samsung mengerti akan hal itu dan selalu ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggan setianya. Samsung memang belum secara gamblang memberitahu nama yang akan dipakai secara resmi untuk lini terbaru Samsung Galaxy S ini, bisa jadi penamaannya menjadi samsung Galaxy S21 atau Samsung Galaxy S30. Mungkin banyak yang menyayangkan perbedaan chipset yang digunakan pada produk Samsung, namun kita hanya bisa berharap performa yang ditawarkan oleh Exynos dapat menyamai performa dari Snapdragon 888, namun Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Terbaru ini sudah cukup meyakinkan. Apakah sobat salah satunya yang menunggu kehadiran ponsel terbaru dari Samsung ini?

Samsung Event 2021 Unpacked
Samsung Event 2021 Unpacked

Demikianlah artikel kami mengenai Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Terbaru, Dirilis Bulan Januari. Semoga dapat memberikan informasi terbaru mengenai kelanjutan dari Samsung Galaxy S21 ini. Kita tunggu saja kehadiran ponsel ini secara resmi di Indonesia. Nantikan terus artikel terbaru dari kami yang akan memberikan informasi seputar teknologi serta berbagai rekomendasi produk lainnya, hanya di Sobat Tekno.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *